Articles

2019-02-13
Integrity | Articles

Integritas adalah sebuah kata yang memiliki arti yang luas dan dalam.  Seringkali kita mendengar kata integritas digunakan sehari-hari namun tidak memikirkan dan memaknai arti dari kaa tersebut.  Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Integritas adalah mutu, sifat, atau keadaan yang menunjukkan kesatuan yang utuh sehingga memiliki potensi dan kemampuan yang memancarkan kewibawaan dan kejujuran.
Sementara pengertian integritas menurut maxmanroe.com adalah kepribadian seseorang yang bertindak secara konsisten dan utuh, baik dalam perkataan maupun perbuatan, sesuai dengan nilai-nilai dan kode etik.  Seseorang dianggap berintegritas ketika ia memiliki kepribadian dan karakter berikut;
•    Jujur dan dapat dipercaya
•    Memiliki komitmen
•    Bertanggung jawab
•    Menepati ucapannya
•    Setia
•    Menghargai waktu
•    Memiliki prinsip dan nilai-nilai hidup

Dalam dunia Graphology, aspek Integritas seseorang dapat dilihat dari tulisan tangan.  Arti Integritas dalam buku Graphology karangan Dr. Erika Karohs adalah komitmen seseorang yang menjunjung tinggi kebenaran dan kejujuran, bersikap apa adanya dan terbuka.  Dirinya sangat memperhatikan tanggungjawab yang Ia emban, memiliki komitmen yang tinggi dan menjunjung nilai-nilai (moral principles) yang dianut.  Dalam berbicara atau berkomunikasi, Ia tidak akan berbicara samar namun mampu dan mau mengungkapkan fakta dan bertanggungjawab atas apa yang diungkapkan.  Selain itu, dirinya akan merasa tidak nyaman, malu dan tidak etis jika berperilaku dibawah standard yang Ia anut.


Begitu kompleksnya aspek integritas seseorang sehingga tanda yang dianalisa pada tulisan tangan banyak sekali.  Tanda-tanda tersebut meliputi tanda-tanda yang diukur secara luas/gestalt dan detail/atomistic.  Karakter positif yang mempengaruhi integritas seseorang adalah kemandirian, kematangan emosi, keterbukaan dan lain-lain.  Sementara karakter negative yang mengurangi Integritas seseorang adalah sifat manipulative, unpredictable, menarik diri dll.  Dalam sebuah laporan analisa tulisan tangan yang menitikberatkan pada Integritas ada sekitar 100 tanda lebih yang digunakan.
Adapun tanda-tanda tersebut antara lain adalah:
-    Garis dasar tulisan lurus
-    Tanda tangan dan tulisan tangan selaras
-    Margin Kanan
-    Ukuran Middle zone 3-4 mm
-    Tulisan memiliki ritmis yang baik
-    Tidak ada tanda-tanda manipulative seperti double loops, long hook, trigonal lower zone, dan lain-lain
-    Tidak ada tanda-tanda unpredictable seperti garis dasar tulisan bergelombang, besar ukuran huruf terlalu bervariatif, kemiringan tulisan yang beragam, dll.
-    Dan lain-lain.


Di tahun 2018, saya menerima 2 buah project untuk menganalisa tulisan tangan khusus untuk aspek integritas dengan tujuan untuk promosi jabatan dan penerimaan karyawan baru.  Sepertinya saat ini perusahaan atau institusi sudah mulai menimbang aspek integritas sebagai parameter penting yang menjadi salah satu faktor penentu apakah orang diterima, mendapatkan promosi atau tidak.

Hasil yang saya dapatkan dari kedua project tersebut dengan jumlah peserta kurang lebih 120 orang adalah 20% memiliki integritas yang baik, 40% masuk ke dalam kategori sedang dan 40% tidak memiliki integritas yang baik.


Mengingat bahwa tulisan-tangan adalah tulisan otak atau brain writing, dimana karakter yang terlihat dari tulisan tangan merupakan akumulasi dari kejadian, emosi, perasaan yang terekam dalam subconscious seseorang selama bertahun-tahun, maka sejak kapan dan bagaimana membangun kepribadian yang memiliki integritas yang baik? Pertanyaan berikutnya adalah bagaimana membangun integritas yang baik pada seseorang?


Jika dilihat dari kompleksnya tanda yang harus dianalisa dalam sebuah tulisan tangan maka integritas seseorang tidak dapat diciptakan dalam sekejap namun dimulai dari metode kepengasuhan (parenting) yang baik, sistem sekolah yang mendukung sehingga ketika orang tersebut masuk kedalam lingkungan yang tidak baik, dirinya tidak akan terbawa arus negative dan tetap stabil mempertahankan moral value yang dianutnya.