Articles

2018-10-07
Organizational Ability dilihat Dari Analisa Tulisan Tangan | Articles

Perilaku atau kebiasaan teroganisir menjadi salah satu faktor penting dalam meraih kesuksesan.  Kemampuan mengorganisasi baik sumber daya, waktu dan energy yang tersedia sangat penting untuk dimiliki dan diasah terus.  Dengan memiliki kemampuan ini, maka tugas atau pekerjaan dapat diselesaikan tepat waktu serta dapat menjaga hasil akhir secara konsisten walaupun kendala dan gangguan muncul tiba-tiba.



Pekerja, mahasiswa, pemilik bisnis atau ibu Rumah Tangga sekalipun yang terbiasa mengatur kesehariannya secara teroganisir akan mampu untuk meningkatkan produktifitas karena memiliki dasar untuk menentukan skala prioritas, menyusun jadwal, serta mendelegasi pekerjaan bila memang dibutuhkan.



Bisa dibayangkan waktu yang terbuang untuk mencari dokumen yang terselip, pembelian dobel karena lupa sudah pernah membeli dan tidak disimpan dengan rapih, tenggat waktu yang tidak terlewati, dan lain-lain.  Semua ini mengakibatkan penggunaan sumber daya tidak efektif dan efisien.  Selain tujuan tercapai, hal lain yang harus diperhatikan adalah how to atau bagaimana cara mencapainya.  Bisa saja sebuah tujuan tercapai tapi apakah prosesnya efiesien dan efektif? Dengan terorganisir dan teratur, diharapkan hasil tercapai dengan produktifitas dengan optimal, dan juga menjadi lebih mudah untuk melakukan peninjauan kembali hasil akhir kita untuk melakukan peningkatan lagi dikemudian hari.
Selain itu, dengan bersikap teroganisir secara konsisten, maka dapat meminimalkan pola atau kebiasaan yang kurang baik seperti menunda pekerjaan, mengurangi kekacauan yang bisa timbul, miskomunikasi dan lain-lain.
Dalam Graphology, kemampuan seseorang untuk berperilaku secara teroganisir dapat terlihat dari berbagai macam tanda.  Beberapa tanda yang menjadi acuan adalah:


-    Ukuran Lower Zone dan Upper Zone pada huruf “F” seimbang









- Besar margin kiri, kanan, atas dan bawah berkisar antara 15-40 mm


 


-    Garis dasar tulisan lurus
 



-    Tanda tangan dan tulisan harmonis

 




Bagi penulis yang memiliki Organizational Skill tinggi, biasanya orang tersebut memiliki tujuan dan arah yang jelas, memiliki kemampuan planning yang sangat mumpuni.  Sekali orang tersebut menyusun sebuah rencana, maka ia akan mengimplementasikan sampai tuntas dan melakukan review sehingga mengetahui aspek-aspek mana saja yang masih harus ditingkatkan.  Sementara untuk orang yang memiliki organizational skill biasa saja, orang tersebut mampu untuk menyusun skala prioritas dan rencana secara global dan tidak detail dan cenderung fleksible dalam eksekusinya.  Berbeda dengan orang yang memiliki score rendah pada oganizational ability, orang tersebut tendensi untuk menjalani hidup tanpa arah dan perencanaan dan lebih suka mengalir saja serta menangani segala sesuatu sesuai dengan problem yang muncul saja.


Ada beberapa teori dan tips untuk meningkatkan kemampuan mengorganisir, antara lain yaitu dengan menggunakan table yang dibagi menjadi 4 kuadran yaitu Penting, Tidak Penting, Mendesak dan Tidak Mendesak.  Dengan menggunakan table ini, diharapkan Anda dapat memilah pekerjaan / tugas sehingga semua tugas selesai on time.
Selain itu, menurut situs wavelength.asana.com, cara lain untuk melatih dalam menyusun skala prioritas sehari-hari dengan:


1.    Menetapkan goal atau tujuan setiap hari dan berapa lama goal tersebut dapat diselesaikan.
2.    Kelompokan dan buat skala prioritas dari tugas untuk mencapai tujuan
3.    Siapkan waktu untuk hal-hal yang tidak terduga

Nah, bagaimana dengan kemampuan organisasi Anda? Apakah Anda sudah piawai mengatur waktu dan menyusun skala prioritas atau Anda masih membutuhkan bantuan? 

Dibawah ini saya berikan beberapa link article mengenai organizational skill dan juga template “Things To Do" untuk di unduh dan digunakan oleh Anda.  Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Tulisan tangan seperti screenshot kepribadian Anda.  Setiap faktor yang mempengaruhi  perkembangan kepribadian sejak kecil hingga kini tersimpan didalam gudang memori conscious dan subconscious dapat terlihat dari tulisan tangan (Brainwriting).   Dengan kemampuan merubah diri melalui perubahan mindset dan perilaku (Neuroplasticity) maka tulisan tanganpun akan berubah mengikuti perkembangan kepribadian Anda baik kea rah positif dan negative.

Reference:
Artikel:

https://rocketmanajemen.com/cara-manajemen-waktu/#a

https://rocketmanajemen.com/cara-manajemen-waktu/#a
https://smallbusiness.chron.com/good-organizational-skills-mean-2882.html
https://wavelength.asana.com/workstyle-prioritization/#close
https://pintaria.com/blog/tips-menjadi-manajer-favorit-dengan-manajemen-efektif


Video:
https://www.youtube.com/watch?v=a4mJ7i3Js1Y
https://www.mindtools.com/pages/article/newHTE_76.htm

Aplikasi:

https://www.digitaltrends.com/mobile/best-to-do-list-apps/



Notes
Analisa kepribadian dari tulisan tangan dilakukan menggunakan sistem yang comprehensive dan holistic dengan menggunakan berbagai macam tanda mikro maupun makro dalam tulisan tangan.  Tanda yang dijabarkan diatas hanyalah sebagian dari tanda-tanda yang digunakan dalam menginterpretasikan karakter seseorang.